Translate

Thursday, September 8, 2016

Pedagang Beras Alternatif Bisnis Bagi Enterprenur Muda

Jual beras dapat menjadi alternatif sebagai profesi. Berdagang atau berniaga sangat dianjurkan sekali dalam agama, karena anda dapat membantu sesama untuk menyediakan beras atau jasa yang berkualitas kepada konsumen. Tidak banyak yang menyukai berdagang karena harus ada modal, tempat usaha, dan sebagainya. Memang semua membutuhkan modal tetapi tidak semua seperti itu. Seperti pelanggan kami yang telah membuka usaha dirumah dengan berbagai jenis seperti loundri, kebutuhan rumah tangga, dan air minum isi ulang. Usahanya maju dan cukup menjanjikan hasilnya.



Sebut aja ibu Yenni, beliau adalah tetangga kami di kompleks yang sudah cukup mengenal bidang usahanya. Masih muda dan cukup banyak relasi di kompleks yang beliau tinggal sekarang yang merupakan salah satu modal lain untuk memasarkan jenis jasa yang beliau tawarkan. Awalnya hanya membuka air isi ulang, pemasarannya dilokasi kompleks sekitar dengan memberdayakan anak muda yang tidak ada pekerjaan. Usaha ini maju dan berkembang serta konsumennya cukup banyak. Beliau tidak kehilangan akal untuk memajukan usaha lebih banyak dengan diversifikasi usaha dibidang lain. Dimulai dengan kebutuhan pokok rumah tangga, loundri, paket umrah, dan beras solok. 


Melihat keluarga kami sudah memulai usaha jual beras solok asli ini sudah pada tahun 1990 an, beliau tertarik untuk melakukan kerjasama bersama kami. Setelah bertemu dan berbincang Ibu Yenni sebenarnya sudah menjalankan usaha beras solok ini beberapa tahun yang lalu, tetapi terputus karena pemasok tidak melanjutkan karena alasan lain. Dengan mutu yang sangat baik kami berkerjasama dengan Ibu Yenni dengan sistem konsinyasi. Ada beberapa fee yang didapat oleh beliau setelah penjualan beras terjual semua. Setelah terjual semua akan dibayar total keseluruhan jumlah beras yang kami titipkan di lokasi usahanya. 

Peluang bisnis beras sangat menjanjikan asalkan anda harus jujur memberikan kualitas beras yang akan anda jual. Dengan kejujuran ini anda bisa memulai usaha dengan skala kecil. Usaha beras solok kami ini hanya dilingkungan sekitar dari sawah orang tua kami. Hanya menjual kelebihan beras dari hasil panen kami tentu tetangga kami sangat senang mendapatkan beras solok murni dari pemilik. Dengan modal inilah Alhamdulillah masih berjalan sampai sekarang dan sekarang bermitra dengan Ibu Yenni.

Kesimpulan.


Jual beras solok ini tidak selalu membutuhkan modal, seperti Ibu Yenni hanya mengutip fee yang saya berikan setelah penjualan beras terjual semua langsung dilakukan pembayaran. Memang membutuhkan waktu tetapi jika ulet dalam berdagang Insha Allah akan ada jalan. Tentu saja harus memiliki networking yang cukup luas serta anda harus aktif bersosialisasi dengan lingkungan sosial, secara tidak langsung akan menjadi media promosi dari usaha jual beras solok. Sebenarnya tidak hanya menjadi pedagang beras saja disemua bidang seperti tempat makan atau minuman. Hanya saja anda harus mempunyai semangat, kejujuran, serta networking untuk menjadikan bisnis ini menjadi mata percaharian anda. Bahkan anda bisa membuka lahan pekerjaan untuk penduduk sekitar dan bisnis anda menjadi barokah.

Tentu sekarang anda sudah mendapatkan ide bagaimana memulai berdagang beras sebagai alternatif cara untuk mencari rezeki. Mulailah dari lingkungan sekitar dan sesuai dengan kemampuan yang anda miliki. Poin penting yang kami sampaikan diatas adalah mutlak, semua konsumen akan kembali lagi setelah mengetahui produk yang anda sediakan mempunyai mutu yang baik serta kejujuran atas semua informasi tentang beras Solok yang anda jual. Semoga bermanfaat.




No comments:

Post a Comment