Translate

Sunday, September 25, 2016

Beras Sentra Ramos-IR 64

Beras Sentra Ramos atau IR 64 adalah beras yang sangat banyak beredar dipasaran dengan harga yang cukup terjangkau untuk kalangan menengah kebawah. Penjualan beras sentra ramos atau IR 64 ini sangat digemari dan diburu oleh masyarakat perkotaan karena mempunyai tekstur nasi yang masih pulen dan sedikit wangi, tetapi perlu diwaspadai apabila beras IR 64 atau sentra ramos ini disimpan terlalu lama {lebih dari 3-4 bulan} kondisi beras akan keras atau pera dan apabila dimasak akan cepat basi dan berair. Berbeda dengan beras rojolele dan beras pandan wangi.


Beras Sentra Ramos IR 64. Poto oleh : http://dedeol.blogspot.com/

Karakteristik.


Sebagai beras yang sangat mudah ditemui dipasaran, dan sangat ramah dengan kocek belanja rumah tangga pada umumnya maka beras sentra ramos atau IR 64 mempunyai bentuk fisik yang lonjong cenderung agak panjang, tidak terlalu putih-kekuningan dan tidak bulat. Tetapi perlu diwaspadai bahwa jenis beras ini banyak sekali dioplos oleh oknum pedagang yang nakal dengan menambahkan zat addictive berbahaya seperti pemutih beras, pewangi beras, serta pelicin beras. Seorang konsumen seperti anda harus selalu melihat karakter bentuk beras seperti beras sentra ramos atau IR 64 ini dan perlu kewaspadaan tinggi.


Sejarah Beras Sentra Ramos.


Varietas beras ini berasal dari Jawa Barat tepatnya di Cianjur dan Karawang. Beras ini banyak sekali petani yang juga menanam beras ini selain beras pandan wangi. Beras ini sudah mulai juga ditanam dibeberapa daerah di Indonesia dan masih banyak ditemukan dipasar tradisional di pulau Jawa dan Sumatera. 

Penggunaan beras jenis sentra ramos atau IR 64 ini banyak digunakan oleh para pedagang nasi goreng, nasi uduk, warteg dan beberapa panganan dengan bahan utama beras. Karena harganya cukup terjangkau dan cocok sekali digunakan bahan pokok utama.

Tips.


1. Apabila anda ingin membeli beras sentra ramos atau IR 64 ini selalu waspada dengan karakter bentuk beras itu sendiri. Karena varietas beras ini sangat banyak dilakukan oplosan tetapi masih ada penjual yang jujur menjual beras ini. Pastikan anda membeli pada penjual yang sudah memberi komitment terhadap beras yang mereka jual.

2. Rekomendasi yang terbaik membeli beras ini adalah di toko beras terkemuka di kota anda dan mempunyai merek yang sudah familiar oleh konsumen selama bertahun-tahun atau mempunyai konsumen setia untuk produk beras yang saya maksud.

3. Karena bentuk beras sentra ramos atau IR 64 sangat mirip dengan beras plastik yang menjadi penomena di media sosial, jadi sebagai konsumen harus selalu mewaspadi beras yang akan dibeli sebagai makanan pokok nasi.

4. Selalu mewaspadai beras IR 64 atau sentra ramos dengan harga murah, kondisi ini bisa berpotensi sebagai beras yang sudah lama dan dioplos oleh oknum pedagang beras yang nakal. Jadi selalu hati-hati serta peduli dengan beras yang akan anda beli dan berkualitas sehat


Sumber.
Beberapa media sosial.



No comments:

Post a Comment