Translate

Tuesday, September 13, 2016

Komponen Utama Penentu Harga Beras Solok

Sebagai konsumen tentu anda ingin mengetahui apa sih komponen penentu harga beras Solok ini?. Semua komponen ini akan mempengaruhi harga jual yang akan anda bayar saat mendapatkan jenis beras yang akan anda pilih. Ada beberapa komponen penting yang mempengaruhi harga beras Solok di pasaran. Berikut beberapa komponen yang sangat umum penentu harga beras.


1. Harga Pupuk.


Harga pupuk secara langsung akan mempengaruhi harga beras. Pupuk adalah komponen utama perawatan padi mulai dari benih sampai tumbuh padi. Jika harga pupuk meningkat akan berdampak secara langsung harga jual beras.

2. Musim atau cuaca.


Jika terjadi musim kemarau berkepanjangan akan berpengaruh harga jual beras. Banyak persawahan yang kering, tumbuhan padi tidak maksimal akan berdampak kepada jumlah padi yang dihasilkan oleh petani turun tajam. Petani akan mengeluarkan biaya ekstra untuk mengalirkan air ke persawahan dengan menggunakan mesin pompa yang menggunakan bahan bakar bensin sebagai penggeraknya dan termasuk sewa pompa.

3. Hama penyakit. 


Hama penyakit yang menyerang tanaman padi akan berdampak kepada biaya ekstra yang dikeluarkan oleh petani untuk membeli obat pembasmi hama. Tetapi tidak semua hama penyakit tanaman padi petani selalu membeli obat pembasmi hama tetapi hama tikus yang sangat klasik menyerang tanaman padi yang menggerek tanaman sampai patah bahkan mati. 


4. Bahan bakar minyak.


Setiap kenaikan harga BBM akan mempengaruhi harga beras Solok. Komponen penting dalam transportasi ini yang akan secara otomatis menaikan harga jual beras.

5. Jalur transportasi terputus.


Apabila jalur transportasi terputus akibat bencana alam akan mempengaruhi transportasi angkut dari sentra beras ke kota Padang. Penjual akan menempuh jarak memutar untuk menuju kota Padang sehingga biaya transportasi yang telah dikeluarkan akan memepengaruhi harga beras.

6. Spekulasi.


Adanya spekulasi yang dilakukan oleh oknum dengan cara menahan gabah untuk digiling dan dijadikan beras. Hal ini bisa saja terjadi untuk mempertahankan harga jual beras di pasaran. Dan apabila jumlahnya sudah mulai menipis para spekulan akan segera melakukan penggilingan padi untuk dijadikan besar secara langsung dengan harga jual yang cukup tinggi terhadap jenis beras Solok tertentu.

Untuk komponen harga jual beras bukan dari sisi penjual yang menaikan harga, tetapi ada beberapa faktor yang terjadi seperti poin diatas. Komponen ini saling mempengaruhi dan berbanding lurus dengan harga jual beras Solok di pasaran. Semoga keadaan situasi dan kondisi beras tetap baik dan stabil agar ketersedian bahan pokok pangan ini tetap terjaga baik, cukup, dan konsumen selalu mendapatkan harga beras yang relatif terjangkau.

No comments:

Post a Comment