Translate

Sunday, September 18, 2016

Pasar Ternak Muara Panas Solok

Tiap senin subuh sudah berjejer ternak di Pasar Muaro Paneh Solok {Pasar Muara Panas Solok} dengan beberapa penjual. Hari pakan sinayen {pasar pada hari senin} penduduk lokal menyebutnya sebagai hari pasar untuk memasarkan ternak mereka. Pasar Ternak ini sudah menjadi sentra penting di kota Sumatera Barat yang memasarkan beberapa jenis hewan yaitu sapi, kerbau, dan kambing. Daya serap pasar cukup tinggi dengan baiknya mobilisasi angkut menjadikan Pasar Muara Panas Solok menjadi destinasi para pencari ternak untuk berbagai macam tujuan seperti hewan qurban, aqiqah, ataupun tempat mencari bibit hewan unggul.

Pasar Ternak Muara Panas Solok sudah terbentuk sejak tahun 1891 dengan prakarsa nenek moyang nagari. Terletak di kecamatan Bukit Sundi di Kabupaten Solok termasuk dalam wilayah Kubuang Tigo Baleh ini awal bendirinya pasar hanya beratapkan rumbia seadanya dengan menjual beraneka ragam ternak. Daya serap pasar pada waktu itu hanya untuk penduduk Solok dan sekitar, tetapi dengan berjalannya waktu telah menjadi pasar penting di Sumatera Barat dengan stok ternak yang cukup.

Uniknya di Pasar Ternak Muara Panas Solok ini adanya beberapa penjual atau toke {istilah saudagar} yang siap melayani pembeli. Dengan dibantu oleh penutup kain seperti handuk atau sarung, proses negosisasi berlangsung. Apabila toke dengan pembeli menyetujui harga jual maka proses jabatan tangan seperti salaman negosiasi harga ternak telah disetujui atau disepakati. Proses inilah yang sangat menarik dilihat, sesama toke atau pedagang lainnya tidak pernah tahu berapa harga yang disepakati kedua belah pihak. 


Proses negosiasi harga antara toke dan pembeli. Photo by : http://hariansinggalang.co.id/


Tidak hanya ternak dijual di Pasar Muara Panas, kebutuhan lain juga tersedia seperti bahan pokok pangan, sayuran, bibit tumbuhan, toko pertanian juga tersedia di sekitar pasar. Kondisi pasar cukup luas dengan banyaknya armada dari penjuru nagari membawa semua hasil panen untuk dijual disini. Pasar sinayen {sebutan lain Pasar Muara Panas} cukup lengkap termasuk kuliner khas juga dapat anda nikmati. Perlu diingat, pasar ini hanya buka sekali seminggu saja yaitu khusus pada hari senin. Jadi fungsi Pasar Ternak Muara Panas sudah menjadi pasar untuk semua kebutuhan masyarakat.

Meningkatnya peran pasar bagi penduduk Pemerintah Kabupaten Solok sudah membuat kondisi Pasar Ternak Muara Panas Solok lebih permanen dan revitalisasi pasar secara keseluruhan, belum secara total tetapi cukup baik jika dilihat. Fasilitas perbankan nasional dan lokal sudah tersedia disekitar pasar untuk meningkatkan daya serap ekonomis yang lebih baik lagi. Terbukti dengan banyaknya UMKM tumbuh dan memberi peran serta dalam perekonomian kota Solok dan Sumatera Barat keseluruhan. Pertumbuhan ini akan memberi dampak meningkatnya daya beli masyarakat lokal dalam memperbaiki taraf hidup mereka.

Tips jika berada pada Pasar Ternak Muara Panas :


1. Pastikan jadwal jangan salah jika berkunjung ke Pasar Ternak Muara Panas. Pasar ini hanya buka setiap hari senin. Selain hari senen rekan semua tidak menemui pasar yang ramai dengan penjual dan pembeli.

2. Sebenarnya awal pasar ini merupakan pasar yang hanya tersedia untuk memasarkan ternak lokal untuk masyarakat sekitar. Dengan berjalannya waktu pasar ini menjadikan tempat pemasok ternak untuk wilayah Sumatera Barat, Riau, dan Jambi. Jadi, jika rekan semua ingin mencari ternak yang berkualitas maka Pasar Ternak Muara Panas adalah tempat yang direkomendasikan.

3. Pada saat sekarang ini Pasar Ternak yang berlokasi di Muara Panas ini mudah sekali ditemui, hanya berjarak +/- 10 Km dari kota Solok menggunakan roda dua dan roda empat. Jadi, jangan khawatir untuk tersesat, jika ragu arah jalan dari kota Solok, rekan semua dapat bertanya ke penduduk lokal yang masih ramah untuk menunjukan jalan menuju Pasar Ternak Muara Panas.

4.  Jika membawa kendaraan bermotor jangan khawatir untuk parkir, di sekitar Pasar tersedia lahan parkir yang cukup mumpuni untuk kendaraan roda dua atau roda empat. Biaya parkir antara IDR 3K-5K sekali parkir.

5.  Tidak hanya ternak yang ada di Pasar Muara Panas, di sekitar pasar juga tersedia kuliner khas masyarakat sekitar seperti rumah makan ala rumahan, makanan tradisional, serta warung kopi untuk bersantai sejenak. Jadi, pasar ini cukup tersedia jika rekan ingin menikmati masakan tradisional disini.

6.  Sudah tersedia perbankan nasional disekitar Pasar. Jadi, jangan khawatir jika kekurangan uang cash jika berada di sekitar Pasar. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat pasar sekitar 5 menit berjalan kaki.


Pasar Ternak Muara Panas merupakan pasar vital yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekitar dan tetangga untuk mencari beberapa kebutuhan akan daging segar dari ternak yang dibawa oleh peternak untuk dijual. Untuk mencari ternak yang berkualitas disini lah tempatnya, dimana seluruh jenis ternak terbaik dapat ditemui mulai dari sapi dan kambing. Dan, rekan juga dapat bertemu langsung dengan peternak jika ada keperluan dimasa yang akan datang dapat langsung ke peternak sapi untuk mendapatkan harga yang lebih kompetitif jika membutuhkan jumlah yang lebih banyak.


Lokasi Pasar Ternak Muara Panas di Kabupaten Solok.

Alamat: Kinari, Bukit Sundi, Solok, Sumatera Barat 27381, Indonesia






Kondisi Menjelang Hari Raya Idul Adha


Sudah pasti pasar ternak ini menjadi tujuan penting di Sumatera Tengah sebagai tempat mencari jenis dan aneka ternak yang akan mereka gunakan untuk Hari Raya Idul Adha. Sepekan menjelang hari-h sudah dipenuhi oleh penjual dan pembeli yang berasal dari daerah yang berbeda dimulai dari Padang, Pekan Baru, Jambi, bahkan sampai ke Bengkulu. Dikarenakan posisi tawar dengan cukup banyak dengan supply ternak yang ada di Pasar Ternak Muara Panas Solok cukup memadai dan banyak jumlahnya maka para pembeli bisa memilih sesuai dengan kebutuhan anggaran yang dimiliki.

Selain hari penting bagi umat Islam ini juga memiliki beberapa pembeli yang hanya mencari ternak untuk kebutuhan lain seperti dibeli untuk dijual lagi atau untuk hewan aqiqah dengan jumlah yang terbatas tetapi setiap hari pasar tetap ada. Dengan magnet yang cukup kuat sebagai tempat mencari ternak berbagai kebutuhan ini sudah dipastikan Pasar Ternak yang berlokasi di Muara Panas Kabupaten Solok ini menjadi ujung tombak perekonomian rakyat yang mumpuni dengan jenis sapi semental super juga dapat terlihat dan aneka jenis kambing aqiqah juga banyak tersedia.

Biasanya transaksi dapat dilakukan secara cash atau tunai dengan langsung kepada penjual ternak atau toke [saudagar] yang siap membantu untuk negosiasi harga atau secara transfer bank juga bisa dilakukan tergantung kesepakatan kedua belah pihak. Biasanya tawar-menawar ini hanya diketahui oleh dua pihak saja dengan adanya tanda jabatan tangan ditutupi oleh kain atau handuk untuk menjaga kerahasiaan harga yang mereka sepakati.

Jadi dapat disimpulkan Pasar Ternak yang sangat strategis ini berlokasi di Muara Panas Kabupaten Solok sudah terkenal lebih dari seabad merupakan hasil rintisan nenek moyang nagari yang memikirkan pergerakan ekonomi yang sangat penting. Tidak hanya untuk Nagari Muara Panas saja tetapi sudah menyeru ke seluruh Sumatera Tengah sebagai rujukan harga ternak bahkan ketersediaan ternak selalu cukup sesuai dengan permintaan pasar. Jika anda ingin mencari kebutuhan ternak apapun jenis seperti sapi, kambing, atau ayam kampung dapat menjadikan Pasar Ternak Muara Panas Solok sebagai tempat yang cukup mumpuni untuk didatangi. Sebagai tempat penting tumpuan para UMKM urang awak Minang untuk mencari peruntungan, tidak salah lokasi ini sudah menjadi perhatiaan khusus oleh Pemerintah Kota untuk dibenahi dengan meningkatkan kapasitas pasar lebih baik dan terstruktur lebih baik.

Selanjutnya,

No comments:

Post a Comment