Translate

Thursday, September 8, 2016

Kenapa Harga Beras Solok Selalu Bertahan Cenderung Stabil

Pelanggan kami selalu bilang kenapa harga beras Solok selalu bertahan dan cenderung stabil. Kapan turunnya?. Celotehan para pelanggan kami sambil bergurau dan candaan ini merupakan teriakan hati seorang konsumen. Memang harga beras solok selalu stabil karena konsumen tetapnya cenderung mempercayakan berasnya bermerek beras solok. Tetapi dilain waktu, beras solok juga turun harga disesuaikan dengan keadaan tertentu. Berikut ada beberapa keadaan yang akan terjadi terhadap harga beras solok yang cenderung naik.


1. Musim Kemarau Berkepanjangan.


Pengalam kami sebagi penjual beras solok asli selalu mengamati, apabila musim kemarau berkepanjangan akan berdampak kepada harga jual beras. Alasannya karena petani mengeluarkan biaya eksta untuk pengairan sawah. Biaya yang dikeluarkan oleh petani inilah yang akan mempengaruhui harga juaal beras solok asli dipasaran.

2. Kenaikan BBM.


Keadaan yang sangat umum untuk seluruh bahan pokok. Apabila BBM naik tentu akan berpengaruh kepada harga jual beras solok. Transportasi angkut beras tentu akan bertambah yang secara langsung mempengaruhi harga beras solok asli.

3. Hama Tanaman.


Hasil panen beras solok akan tergantung pada hama tanaman seperti hama tikus. Setiap petak sawah akan kehilangan sekitar 10%-30% gabah kering. Karena tanaman padi akan digerek oleh hama tikus sehingga pertumbuhan tanaman padi akan terhambat bahkan mati. Penyebab inilah jumlah beras solok yang dihasilkan akan menurun sehingga harga cenderung naik.

4. Langkanya Stok Beras.


Dengan langkanya stok beras dengan permintaan terus naik kami tidak bisa menahan tingkat harga. Harga padi di tingkat petani sudah tinggi mengakibatkan kami sebagai penjual tentu harus membeli padi ini dengan harga pasar. Ketersedian stok padi akan mempengaruhi stok beras di penggilingan padi masyarakat.


5. Bencana Alam.


Terjadinya bencana alam seperti banjir, kabut asap, tanah longsor, gunung meletus, atau lainnya akan berpengaruh ketersediaan padi. Lain halnya dengan banjir dan tanah longsor, penjual beras Solok akan menempuh rute yang agak jauh untuk mencapai lokasi. Dengan biaya ekstra inilah yang akan mempengaruhi harga jual beras Solok. Jalur transportasi dari Solok ke Padang melewati perbukitan. Jadi tanah longsor juga bisa mempengaruhi harga dengan rute yang ditempuh memutar sampai ke kota Padang.

6. Hari Raya atau Hari Besar Agama Lainnya.


Tidak dapat dielakkan lagi, kondisi Hari Raya keagamaan akan mempengaruhi ketersediaan stok beras Solok asli di pasaran. Permintaan banyak dengan stok yang terbatas akan berakibat harga juga naik. Terbatasnya stok tentu penjual beras Solok akan menambah volume berasnya dengan harga pasar pada waktu itu. Hubungan garis lurus inilah yang sangat berpengaruh terhadap harga.


Inilah beberapa penyebab harga beras Solok selalu bertahan dan kadang naik disesuaikan dengan kondisi diatas. Kami sebagai penjual beras Solok yang sudah lama menekuni penjualan beras ini selalu proaktif memberikan informasi kepada pelanggan kami dengan harga beras yang terjadi pada saat transaksi. Penyebab ini saling berhubungan seperti efek domino yang akan selalu terjadi. Tetapi percaya dan yakin lah, kami sebagai penjual akan selalu menjual beras yang kompetitif dengan kualitas yang baik dengan harga yang pantas tentu pelanggan kami akan mengerti. Walaupun harga naik ataupun turun mutu dan kualitas yang kami jual tetap sama.

Apabila anda ingin mendapatkan beras solok asli dengan harga yang kompetitif di kota Padang Sumatera Barat dapat menghubungi kami lewat telepon atau WhatsApp ke Bp Benny di +6281218225681  atau hubungi kami.



No comments:

Post a Comment