Translate

Tuesday, September 27, 2016

Kenapa Harga Beras Mahal

Kenapa komoditi beras mahal di pasaran?. Pertanyaan ini selalu muncul dari ibu rumah tangga kenapa harga beras mahal?. Sebagai penjual beras menemui hal yang serupa saat menjual beras Solok ini pada langganan setia kami. Jika ditelaah lebih dalam, konsumen setia kami tidak mempermasalahkan harga beras naik dan mereka juga maklum. Dengan kualitas tetap kami pertahankan dan komitmen selalu kami berikan nomor satu, mereka paham sekali.



Kenapa Harga Beras Mahal. Poto oleh : http://medan.tribunnews.com/


Harga beras mahal sudah dimulai dari saat proses menanam padi. Petani juga membutuhkan biaya ekstra pada saat musim pancaroba yang sangat tinggi. Musim tanam bersamaan dengan musim kemarau yang sangat panjang membuat kondisi tanah persawahan menjadi kering, air dari pegunungan mulai berkurang jumlahnya, dan sumber air dari sumur membutuhkan biaya sewa jenset dan pompa tentu juga akan meningkat. Sebab saling keterkaitan lini tidak dapat disalahkan dari salah satu pihak saja. Dengan kondisi ini masa tanam berikutnya akan terjadi pengunduran, stok beras menipis dan harga otomotis juga meningkat.

Dengan banyaknya kendala dilapangan, petani berfikir jika biaya ekstra yang dikeluarkan saat menanam padi hingga panen akan berakibat nilai jual beras akan tinggi. Tidak dapat dielakan lagi, apabila petani memberikan harga pada saat gabah dijual kepada Agen atau Distributor di penggilingan padi, maka harga jual beras akan menjadi sedikit lebih mahal dan kami sebagai penjual akan menyesuaikan harga. 


Beras merupakan komoditi strategis yang sangat dibutuhkan oleh penduduk Indonesia. Sehingga, berapapun harga beras yang akan terjadi pasti akan dibeli juga oleh konsumen. Tetapi, apabila harga beras mahal mereka tetap akan membeli tetapi tingkat beras dibawahnya. Seperti dengan beras Solok, harganya tetap stabil diatas harga beras rata-rata dipasaran tetapi mempunyai konsumen khusus yang akan selalu membeli beras kami. Mereka sudah membandingkan sendiri rasa beras Solok asli ini dengan beras jenis lain akan jauh sekali perbedaannya, dan mereka sudah yakin beras yang kami jual asli dan tidak dioplos dengan bentuk apapun. Prinsipnya, ada harga pasti ada rasa yang akan mereka nikmati. 

Kenapa harga beras mahal ini tergantung dari konsumen kami menyikapinya. Level beras akan menentukan harga jual seperti beras Solok sokanberas Solok anak daro serta di pulau Jawa Rojolele serta Pandan Wangi Jika beras Solok dibandingkan dengan beras dibawah rata-rata tentu sangat jauh sekali perbedaannya. Kami yakin sekali, jika beras Solok ini akan selalu menjadi beras idola di kota Padang dengan konsekwensi berbanding lurus antara harga dan gurih nikmat rasa. Jadi sebab harga beras mahal tidak selalu diprotes oleh konsumen setia kami. Dengan kami beri penjelasan kondisi dilapangan bagaimana, mereka juga mengerti dan tidak mempermasalahkannya.

Baca : Tata Cara Untuk Membeli Beras Solok Asli ,


No comments:

Post a Comment