Translate

Saturday, September 24, 2016

Cara Membasmi Mengusir Kutu Beras Secara Tradisional

Cara membasmi mengusir kutu beras. Kegiatan yang sudah menjadi tradisi untuk membasmi dan menghilangkan kutu beras dengan cara yang belum terfikirkan sebelumnya. Sungguh sangat mudah diterapkan dan semua bahan ini sudah tersedia disekeliling kita. Tips basmi kutu beras dan cara membasmi kutu beras ini sudah banyak ibu rumah tangga mempraktekanya dengan menambahkan bahan tersebut kedalam beras.


Salah Satu Rempah Cara Membasmi Mengusir Kutu Beras Secara Tradisional. Poto oleh http://weddingku.com/



Sebelum basmi kutu, beras yang telah dibeli harus dibersihkan atau ditampih untuk memisahkan ampas dan beberapa buah bulir padi yang masih menyatu dengan beras. Kutu beras merupakan pertanda bahwa beras yang sudah disimpan cukup lama dan sudah mempunyai umur, harus memperhatikan cara penyimpanan beras , apabila kutu beras ini termakan pada waktu makan pasti tidak akan nyaman melihatnya. Apabila hewan ini sudah menyerang beras dengan waktu yang tidak lama akan merusak tekstur beras dan nilai nutrisi pada beras akan terus berkurang. Kutu beras akan berkembangbiak dengan menghasilkan telur yang sangat banyak dan beraslah yang akan menjadi sumber makanan untuk telur yang akan menetas ini. Tentu anda tidak mau beras yang telah dibeli mengandung kutu dan bagaimana cara mengusir kutu beras ini dengan cara yang sangat tradisional bahkan dapat menjadi acuan anda untuk dapat mencoba mempraktekan dirumah, semoga bermanfaat artikel yang saya tulis ini.

1. Bawang Putih.


Cara ini cukup efektif mengusir kutu beras, aroma bawang putih tidak disukai oleh hama. Memang ada kekhawatiran dengan adanya kandungan air yang terdapat pada bawang putih mempunyai potensi akan merusak kualitas beras menjadi lembab dan berjamur dalam jangka waktu yang lama. Tetapi cara ini untuk beras yang tidak terlalu banyak jumlahnya. Apabila anda sudah melihat beras sudah mulai diserang oleh kutu beras maka siapkan wadah tampah untuk membersihkan beras dengan menampih. Taburkan beberapa bawang putih bersih diatasnya, dan kutu beras dengan bergerak cepat meninggalkan beras.

2. Cabe yang telah dikeringkan.


Apabila anda mempunyai beberapa buah cabe yang telah dikeringkan dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk mengusir kutu beras dan tidak akan datang lagi. Cara yang sangat simpel sekali dengan menyatukan cabe kering ini ke tempat penyimpanan beras. Tentu dengan aroma khas cabe ini tidak disukai oleh kutu beras dan akan meninggalkan beras secepatnya dan mencegah untuk tidak datang kembali.

3. Daun bumbu rempah asam jawa.


Ambil beberapa lembar daun jawa yang telah dibersihkan letakan di tempat penyimpanan beras. Aroma khas daun rempah asam jawa ini membuat kutu beras tidak nyaman dan secara otomatis mereka akan mabuk segera meningalkan beras. 

4. Daun jeruk nipis.


Daun jeruk nipis tidak hanya sebagai bumbu rempah daun untuk masakan tetapi juga berguna untuk mengusir kutu beras. Aroma yang dikeluarkan oleh daun jeruk nipis ini khas dan membuat kondisi syaraf dari kutu beras terganggu dan tidak nyaman, waktu yang tidak begitu lama akan meninggalkan beras. Siapkan beberapa lembar daun jeruk nipis yang telah dibersihkan dan telah terbebas dari air cucian, letakan pada dasar beras, tengah beras, dan permukaan atas beras. 

5. Daun belimbing wuluh.


Daun belimbing wuluh banyak digunakan sebagai tambahan makanan ternak. Ternyata, juga bisa digunakan untuk tujuan lain seperti mengusir kutu beras. Siapkan beberapa lembar daun yang telah dibersihkan dan terbebas dari air cucian, letakan di tempat penyimpanan beras. Dengan aroma yang aneh ditangkap oleh kutu beras akan meninggalkan beras serta mencegah untuk datang kembali.

6. Batang Sereh.


Sebagai rempah bumbu dapur untuk membuat masakan lebih harum dan gurih, ternyata juga bisa digunakan untuk mengusir kutu beras. Hampir sama dengan beberapa rempah bumbu lainnya yang menghasilkan aroma yang tidah nyaman membuat batang sereh ini berpotensi untuk digunakan sebagai cara untuk mengusir kutu beras. Ambil batang sereh yang sudah diambil lembarannya dalam satu batang, bersihkan dari kotoran dan duri halusnya. Sebelum digunakan dijemur dibawah sinar matahari untuk mengurangi cairan yang keluar dari lembaran sereh. Letakan di posisi tengah tempat penyimpanan dan bagian atas beras. 

7. Kayu Manis.


Selain sebagai bumbu untuk minuman dan makanan, ternyata kayu manis juga mempunyai kinerja cukup ampuh untuk mengusur beberapa serangga lain seperti semut dan kutu beras. Aroma unik kayu manis ini sangat tidak mengenakan oleh semut dan kutu beras serta merta akan segera meninggalkan beras. Caranya ambil sedikit kayu manis dan bersihkan. Letakan di posisi tengah penyimpanan beras dan bagian atas permukaan beras. 

8. Jemur dibawah sinar matahari.


Kondisi panas tidak membuat nyaman kutu beras. Cara ini dapat digunakan untuk mengusir. Sangat mudah sekali untuk menerapkannya dengan cara sediakan wadah yang mudah sekali mengantarkan panas seperti stainless steel atau seng. Siapkan beras yang sudah siap disebar di wadah yang sangat mudah menghantarkan panas ini dan ditutup dengan kain yang bisa menyatu dengan beras. Jemur dibawah sinar matahari terik langsung beberapa waktu. Kondisi panas kutu beras akan merasa tidak nyaman dan akan mencari tempat yang agak sejuk dan menempel ke kain penutup tadi. Angkat dan pisahkan. 

Inilah beberapa tips cara mengusir kutu beras yang sudah banyak dicoba oleh ibu rumah tangga. Cara membasmi kutu beras secara khusus dan optimal hanya memperhatikan umur beras yang akan anda simpan. Apabila beras terlalu lama disimpan tidak baik akan merusak kondisi beras dan mengundang kutu beras untuk datang dan belilah beras asli yang tidak dicampur atau dioplos yang akan mempercepat nasi basi. Tips dan cara ini hanya untuk beras yang tidak banyak, apabila jumlahnya relatif dan anda ingin mempertahankan beras untuk bisa digunakan kembali. Semoga bermanfaat dan dapat menjawab semua pertanyaan bagaimana cara mengusir kutu beras. 




No comments:

Post a Comment