Translate

Saturday, September 17, 2016

Studi dan Analisa Jual Beli Beras

Studi dan analisa jual beli beras. Beras adalah komponen penting pangan, dengan nilai jual beli bahan baku nasi ini merupakan makanan pokok sehari-hari bagi penduduk dan menjadi komoditi penting yang akan dicari setiap hari. Sangat potensial sekali jika dikelola secara professional menjadi kebutuhan strategis dan pasti akan dicari.

Studi dan analisa lengkap perlu dihitung, informasi tersebut akan menentukan langkah yang akan diambil. Analisa jual beli beras ini juga saya dapat dari beberapa penjual yang masih ada kekerabatan dengan menjalani bisnis yang sama yaitu jual beras. Banyak sekali strategi yang harus diukur setiap kilogram beras yang akan dijual. Tentu ilmu ini akan saya share kepada teman enterpreneur lainnya dengan sedikit coretan tulisan pada blog ini. 

Modal Awal.


Memulai bisnis harus ada modal. Modal awal tergantung dari kebutuhan dan menjadi stock awal jual beli beras. Satu kali pengambilan beras tentu dengan beberapa variasi berat dan kemasan. Jika anda memulai bisnis jual beli beras untuk satu jenis beras dengan modal 1 juta dengan harga per kilogramnya {sebagai contoh ilustrasi} IDR 10.000, anda mendapatkan beras sekitar 200 kg. 

Armada Transportasi.


Transportasi adalah alat penting untuk menjalankan bisnis. Apapun bisnisnya harus didukung dengan armada transportasi untuk bongkar-muat barang. Jika transportasi tidak ada berarti bisnis jual beli beras akan terhambat. Anda bisa menggunakan sepeda motor untuk antar beras ke konsumen. Jika modal anda tidak banyak dapat membeli sepeda motor second untuk permulaan. Anda tidak mungkin menggendong beras ke konsumen dan harus butuh kendaraan untuk mengantar.

Harga dasar beras.


Teliti harga dasar beras sebagai patokan untuk menyiapkan modal. Untuk beras yang baik pasti kualitasnya diatas Bulog. Tapi anda harus cerdik-cermat untuk datang langsung ke penggilingan beras, atau membeli padi petani sebagai strategi untuk mendapatkan harga dasar beras. Tempat inilah yang sangat direkomendasikan dengan harga yang cukup murah dan anda bisa mendapatkan selisih harga yang cukup apabila menjual langsung ke konsumen setelah menjadi beras dalam kemasan.


Pemasaran.


Untuk memasarkan beras dapat menerapkan online dan offline. Sesuaikan dengan kemampuan anda untuk melakukannya seperti di rumah, pasar, membukan toko beras, atau antar langsung ke konsuen sebagai trik jitu. Untuk online dapat menghubungkan ke sosial media yang disukai oleh pelanggan seperti BBM, WhatsApp, Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya. Buat konsumen mengenal anda sebagai penjual dengan memberikan beras berkualitas, harga bersaing, serta asli tidak ada oplosan maka percayalah konsumen dengan sendirinya akan datang ke lokasi penjualan beras anda.

Hitung keuntungan jual beras.


Menjual beras dengan eceran mempunyai hitungan sebagai berikut, apabila konsumen anda membeli beras kemasan 10 kg dengan per kilogram nya anda akan mengambil untung maksimal IDR 1500 maka untuk 10 kg anda sudah mengantongi IDR 15.000. Apabila bisnis jual beli beras ini sudah mulai berhasil menjual sebanyak 20 karung per hari maka keuntungan bisa anda dapat IDR 300,000. Jadi anda harus mendapatkan angka itu dengan berbagai strategi dan keuletan. Jika penjualan sangat baik dan bisa melebihi angka yang disebutkan diatas, anda bisa menjadi distribitor atau agen beras di kota anda.

Hal yang menjadi perhatian khusus.


Jual beli beras tentu ada masalah yang timbul apabila anda tidak cermat menyikapinya. Seperti salah memberikan hutang kepada pelanggan yang belum mengetahui latar belakangnya. Misalnya, anda memberikan kelonggaran pembayaran tertunda kepada pelanggan rumah makan. Biasanya rumah makan akan menerapkan sistem barang harus terjual dulu baru akan dibayar. Jadi istilahnya beras yang anda titip ini sebagai konsinyasi. Pastikan pedagang rumah makan ini jujur dan komit dengan pembayarannya. Dari segi beras harus teliti dengan kualitas baik. Anda bisa langsung membeli ke penggilingan beras, harus selalu update harga setiap detik agar beras anda tidak terlalu murah dan terlalu mahal.

Manisnya jual beli beras harus menempuh jalan yang benar. Pengusaha sukses harus membangun dari nol agar impian untuk mendapatkan semua yang anda inginkan akan terwujud. Dengan berjalannya waktu usaha akan berkembang bahkan akan menjadi ladang rupiah untung masa depan. Studi dan analisa jual beli beras ini berdasarkan pengalaman dari saya dan saudara yang telah menekuni jual beli beras ini dalam puluhan tahun. Dengan adanya peluang beras ini sangat menggiurkan dengan meningkatnya jumlah penduduk berarti ketersedian beras akan selalu dicari. 

Tips.


Jangan patah semangat melakukan bisnis, apapun bentuknya. Merintis membutuhkan waktu bukan melakukan hal curang untuk mendapatkan untung secara instant. Bangunlah bisnis dengan ikhtiar dan jujurlah dengan produk yang akan anda jual kepada konsumen. Semoga studi dan analisa jual beli beras ini dapat menjadi langkah awal anda sebelum menekuni bisnis ini menjadi usaha tetap anda. 


No comments:

Post a Comment