Translate

Saturday, September 10, 2016

Kiat Sukses Usaha Beras

Profesi sebagai penjual beras, agen beras, atau pun distributor beras mempunyai tujuan yang sama yaitu mencari peluang usaha yang menguntungkan. Bahan pokok beras yang akan selalu dicari oleh masyarakat untuk kebutuhan makan sehari-hari. Semua orang butuh beras dan akan meningkat terus seiring bertambahnya jumlah penduduk. Jadi dengan alasan inilah dapat ditekuni sebagai profesi yang dapat dijalani dan cukup menguntungkan.


http://uangteman.com/


Sukses berdagang beras sebagai tujuan utama.


Beras sebagai bahan pokok yang selalu dibeli oleh masyarakat tentu akan menjadi fokus dan cukup baik prospeknya jika ditekuni. Ada studi kelayakan yang perlu dilakukan seperti jenis beras, lokasi penjualan, dan konsumen yang akan membeli. Tidak hanya itu tempat penyimpanan yang baik juga harus diperhatikan agar kualitas beras yang dijual selalu prima. 

Sebagai ilustrasi: distributor, agen, dan pengecer tentu mempunyai peranan masing-masing. Peranan yang sangat besar tentu pada distributor atau agen karena mereka yang mempunyai peranan penting dalam distribusi beras. Mulai dari pembelian padi dari petani sampai dengan pengemasan beras. Tentu akan memperoleh keuntungan yang cukup baik tetapi harus mempunyai modal cukup besar. Jika pengecer tentu anda akan membeli dari distributor atau agen beras untuk dijual kembali ke konsumen akhir. Keuntungan pada kemasan 30kg-50kg sebagai distributor atau agen beras dapat memperoleh keuntungan sebesar IDR 5000, jika sebagai pengecer tentu akan memperoleh keuntungan sampai dengan IDR 20.000. Cukup baik bukan dari segi hasil. Tentu distributor atau agen beras menjual dengan kuantitas yang sangat besar atau adanya minimal pembelian.

Tetapi untuk memperoleh keuntungan seperti ini harus bekerja keras dengan memenangkan kompetisi sesama penjual beras. Tiap penjual beras mempunyai strategi masing-masing dan cara memenangkan kompetisi. 

Tentu anda ingin mengetahui kiat sukses berdagang beras supaya tetap berjalan lancar serta tidak ada kendala dalam proses merintis. Ada beberapa tips berniaga beras sepertinya sepele tetapi sangat penting.

1. Lokasi.


Anda harus mencari lokasi yang cocok untuk berdagang beras. Apakah di pasar, di komplek perumahan, ataupun online. Anda harus menentukan siapa konsumen anda. Jika konsumen anda ibu rumah tangga tentu anda akan memilih lokasi di pasar ataupun di komplek perumahan. Strategi ini sepertinya sepele tetapi sangat menentukan posisi anda.

2. Beras harus selalu kondisi baru.


Jangan lama menyimpan beras akan mempengaruhi kualitas. Strategi yang harus anda lakukan adalah mempercepat perputaran beras dan harus cepat terjual dalam waktu tertentu. Tentu tips ini berpengaruh kepada konsumen yang akan membeli beras yang akan anda jual. Konsumen inilah yang saya sebutkan pada poin pertama diatas. 


3. Kebersihan.


Fokus pada kebersihan adalah mutlak. Perhatikan kebersihan tempat penyimpanan beras dan harus jauh dari beberapa hama penyakit, tikus, kutu, kecoak, semut, ataupun atap bocor. Beras sangat rentan dengan kebersihan. Apabila tempat penyimpanan tidak bersih tentu kondisi beras akan kurang baik performanya.

4. Untung yang wajar.


Jual lah beras dengan harga yang wajar dan sesuai dengan harga pasar pada umumnya. Konsumen sekarang sudah sangat cerdas dan mengetahui harga pasar. Jadi apabila anda memberikan harga yang relatif tinggi dari harga pasar tentu konsumen akan beralih ke pedagang lain. Untung penjualan beras tidak banyak tetapi jika perputaran yang cepat tentu akan mendapatkan keuntungan yang cukup banyak.

5. Kemasan.


Buatlah kemasan yang sangat disukai oleh konsumen seperti 5kg, 10kg, ataupun 20kg. Karena lebih praktis dan konsumen bisa memilih kemasan yang aman dan cocok dengan kebutuhan. Strategi ini dapat anda lakukan pada konsumen di komplek perumahan. Karena lingkungan perumahan sangat ketat dalam pengelolaan keuangan. Jadi dengan paket kemasan yang anda sediakan tentu sangat membantu sekali.

6. Kualitas dan jujur.


Aspek yang kadang banyak disalahgunakan oleh oknum pedagang nakal. Keduanya sangat berhubungan perlakukan yang tidak jujur terhadap kualitas beras dengan cara oplosan atau mencampur dengan beras yang tidak baik kualitasnya dan zat kimia berbahaya. Apabila poin penting ini anda langgar tentu kiat sukses jual beras seperti yang anda inginkan tidak akan bertahan lama. 

7. Promosi.


Anda bebas melakukan promosi dimana saja. Perkenalkan produk beras anda kepada konsumen. Berikan penjelasan terhadap semua jenis beras yang anda jual. Jangan melakukan kebohongan dan lakukan apa adanya itu adalah kunci utama. Dengan promosi yang secara gratis di media sosial yang ada sekarang bisa anda terapkan. Mulailah dari lingkungan anda sendiri seperti tetangga ataupun teman. 

   
Jika modal awal anda tidak terlalu besar dan tidak cukup uang untuk menyewa kios yang relatif mahal, anda dapat mencoba jualan beras disekitar rumah. Tempat penyimpanan tidak membutuhkan biaya hanya pada konsumen dan transportasi angkut saja yang akan anda pikirkan. Jadi kiat sukses berjualan beras saling terkait, tidak dapat berdiri sendiri. Persiapkan diri anda serta posisi anda untuk memenangkan kompetisi dalam jual beras asli bukan oplosan.  
    

No comments:

Post a Comment